top of page

Duta GenRe Kab. Blora, Pinna Afanda: Salam GenRe! Ijasah sek lagek ijabsah!


Assalamu’alaikum Wr. Wb.


Salam GenRe! Hay Guys, pertama-tama aku mau ngucapin selamat ya kalian sudah bergabung menjadi keluarga besar SMA Negeri 1 Blora. Harus terus berjuang nih buat belajar di SMA Negeri 1 Blora karena sukses tidak bergantung pada pekerjaan melainkan pada orang yang mengerjakannya.


Ah sampai lupa kenalan. Namaku Pinna Afanda Setya Putri, Duta GenRe Kabupaten Blora tahun 2020. Aku dari kelas XI MIPA 7, SMA Negeri 1 Blora. Aku bergabung di OSASI sebagai sie 10 komunikasi dalam bahasa, dan Ketua PIK-R Gemilang SMA Negeri 1 Blora.

Kalian pasti bertanya apa sih GenRe itu? Okay guys be patient, I will tell you.


Generasi Berencana (GenRe) adalah program yang dikembangkan oleh BKKBN dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu dan memiliki pendidikan, karir, serta pernikahan yang terencana sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi. Bukan hanya itu guys di GenRe juga mengajak remaja untuk menjauhi TRIAD KRR. TRIAD KRR merupakan kepanjangan dari Tiga Resiko Dalam Kesehatan Reproduksi Remaja. Yakni Pernikahan Dini, Seks Pra-Nikah, dan NAPZA. Masih banyak lagi ilmu yang bisa kalian dapat dari GenRe salah satunya melalui wadah Pelayanan Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). So guys, aku tunggu kalian di PIK-R Gemilang SMA Negeri 1 Blora yaa.


Bagi pengalaman dong bisa jadi Duta GenRe? have fun aja guys sebenarnya semua itu berawal dari diri kita sendiri. Mulai dari sekarang kenali diri sendiri secara maksimal, apa sih kelebihan saya? apa sih kekurangan saya? coba tanya pada dirimu. Untuk menjadi Duta Genre butuh perjuangan juga karna persaingan sangat ketat. Untuk pertama saat Pemilihan Duta GenRe beranikan diri kalian untuk daftar, kemudian saat syarat administrasi terpenuhi kalian akan mulai bersaing dengan banyak teman-teman dari perwakilan PIK-R sekolah lain dan juga perwakilan PIK-R Masyarakat. Saat kalian terpilih menjadi finalis Duta GenRe Kabupaten Blora maka kalian akan melakukan babak penyisihan yaitu Tes Tertulis, Presentasi dan Bakat Minat. Kemudian diambil 7 pasang untuk masuk Grand Final. Kalo Grand Final ini pengetahuan GenRe dan Public speaking sangat diuji. Dan Alhamdullilah tahun 2020 ini aku dan Kak Alfin Bima Pratama dari PIK-R Kecamatan Menden yang terpilih. Saat kalian menjadi Duta GenRe pasti kalian akan mempunyai banyak pengalaman mulai dari sosialisasi program Genre di sekolah maupun masyarakat, menjadi tamu undangan di acara kebupaten, dan menjadi bagian besar keluarga BKKBN Kabupaten Blora. Selanjutnya kami akan mengabdi dan menjalankan amanah untuk mewakili Kabupaten Blora di ajang pemilihan Duta GenRe Jawa Tengah di Semarang. Semoga sukses ya Aamiin.

So guys, mulai sekarang improve yourself dengan belajar rajin, mengikuti organisasi yang ada di SMA Negeri 1 Blora dan ikuti ekstrakulikuler yang ada untuk mengembangkan life skill kalian. Sekian dari aku, maaf ya panjang banget namanya kan berbagi ilmu dan pengalaman hehe. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi kalian. Aku tunggu kamu jadi Duta GenRe selanjutnya.


REMAJA GENRE! Sehat, cerdas, ceria. GENRE INDONESIA! Saatnya yang muda yang berencana! GENRE BLORA! Ijasah sek lagek ijabsah!


Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

bottom of page