top of page

Ekstrakurikuler SMA N 1 Blora

Updated: Jul 8, 2020


"Asik, aku diterima di SMA N 1 Blora!"

"Ekskulnya apa aja ya?"

"Aku enaknya gabung ekskul apa ya?"


Nah, pertanyaan-pertanyaan seperti di atas adalah beberapa pertanyaan umum yang tidak jarang dipikirkan oleh para calon peserta didik baru sebelum mengikuti masa PLSSB. Tidak terkecuali kalian, para adik-adik calon peserta didik SMA N 1 Blora tahun ajaran 2020/ 2021. Ngaku deh! Ya kan?


Tapi tenang saja adik-adik, karena di kegiatan PLSSB ini kalian juga akan dikenalkan dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran maupun non pembelajaran yang dilakukan secara rutin oleh seluruh peserta didik resmi di SMA N 1 Blora. Termasuk mengenai ekstrakurikuler.


Sebelumnya, apa sih ekstrakulikuler itu? Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 dan Nomor 080/U/1993, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa.

Di SMA N 1 Blora sendiri terdapat beberapa jenis ekstrakurikuler yang tentunya beragam, menarik, dan juga dapat membantu kalian mengasah keterampilan, bakat, dan minat kalian selama belajar di SMA N 1 Blora. Bahkan, kalian bisa menoreh prestasi lebih karena pembinaan ekstrakurikuler di SMA N 1 Blora bukan main-main.


Yuk deh, kita cek daftar ekstrakurikuler yang bisa kamu ikuti!


Gita Smara Dhana

Kalian udah pernah denger Gita Smara Dhana nggak sih? Nah, ini adalah tim marching band dari SMA N 1 Blora yang mainnya keren abis. Mulai dari pilihan lagu, permainan melodi dan instrumen, formasi, bahkan koreo dan gerakannya bakal bikin kalian takjub parah. Yuk gabung! Dijamin nggak akan rugi!


Karawitan

Ada yang punya cita-cita melestarikan budaya tradisional? Terlebih kebudayaan Jawa? Atau suka menikmati permainan lagu-lagu tradisional? Ekskul satu ini cocok banget buat kalian. Kalian bisa belajar tembang, belajar memainkan alat musik tradisional, bahkan kalian bisa turut berperan untuk melestarikan hiburan dan budaya Jawa. Tunggu apa lagi? Yuk gabung dan lestarikan budaya kita!


PMR

Palang Merah Remaja adalah wadah yang tepat untuk kalian yang senang berkecimpung di bidang kemanusiaan. Kalian akan turun langsung dan aktif di lapangan untuk menjalankan misi kemanusiaan dan membantu sesama. Bermanfaat sekali kan ekskul satu ini? Jadi, kapan mau gabung?

Futsal

Hobi main bola? Ekskul satu ini cocok deh buat kalian. Dan bukan cuma cowok, tapi juga para cewek, kalian akan dilatih keterampilan fisik dan strategi dalam bermain futsal. Pelatihnya? Jangan ditanya, keren dan profesional pastinya. Psst.. Akan selalu ada teman-teman suporter yang selalu mendukung kalian tentunya. Ditambah, kalian bukan cuma main, kalian bisa ikut membanggakan SMA N 1 Blora dengan mengikuti turnamen yang diadakan. Udah jangan dipikir-pikir lagi, yuk gabung dan banggakan Smansa dengan permainan keren kalian!


Voli

Kurang suka nendang bola. Sukanya mukul bola? Nih, masih ada ekskul voli yang siap menampung kesukaan kalian. Terlebih kalau kalian punya gerak refleks yang bagus, cocok deh pokoknya. Selain refreshing, dengan kalian gabung ekskul voli, kalian juga bisa mengikuti berbagai pertandingan voli yang ada. Kalian juga akan dapat banyak pengalaman tentunya. Gabung yuk!


Basket

Ada yang suka nonton pertandingan basket? Atau jago main basket? Ini nih ekskul yang cocok buat kalian. Selain akan dilatih, kamu juga bisa mengikuti berbagai pertandingan basket antar sekolah atau kabupaten. Atau mungkin malah bisa membawa nama Smansa ke jenjang nasional. Udah jangan ragu, gabung aja! Psst.. Kakak-kakaknya keren-keren lohh hihi.


KIR (Karya Tulis Ilmiah)

Hobi nulis? Merasa punya kelebihan menulis? SMA N 1 Blora juga punya ekskul aktif untuk itu. Cocok deh buat kalian yang suka nulis dan memiliki ketertarikan tinggi atas banyak hal. Jangan salah juga, ekskul satu ini sudah melahirkan banyak sekali siswa berbakat dan berprestasi setiap tahunnya. Langganan deh buat dipanggil ke depan pas upacara. So, ngapain ragu?


4 Pilar

Kalau ekskul 4 Pilar yang satu ini, sangat cocok buat kalian yang berjiwa nasionalisme tinggi. Kalian akan dibimbing untuk menghafal dan memahami isi UUD 1945 dan diikutkan kompetisi bergengsi setiap tahunnya. Gimana? Yukk buruan gabung!


Olimpiade Sains

Kamu suka belajar sains? Punya bakat di bidang sains? Atau sering ikut kompetisi-kompetisi sains sebelumnya? Udah, gabung aja di sini. SMA N 1 Blora punya banyak tim berprestasi di bidang sains dan sosial. Kalian akan dibimbing mati-matian tapi tetap menyenangkan. Jadi tunggu apa lagi? Buruan join!

Rohis

Suka mendalami pengetahuan keislaman? Tenang, Rohis Smansa juga merupakan ekstrakurikuler yang bisa kalian ikuti. Banyak pembelajaran dan kegiatan aktif yang rutin dilakukan loh. Gabung, yuk!


Nah, di atas adalah beberapa jenis ekstrakurikuler aktif di SMA N 1 Blora yang siap kamu ikuti. Jadi gimana? Udah tau gabung kemana?



bottom of page