top of page

KRENOVA: Kreasi Smansa untuk Jawa Tengah

Penghargaan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) adalah bentuk apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah kepada para mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas. Sebagaimana tujuan awal bahwa fasilitasi Penyelenggaraan Lomba Krenova tidak hanya berhenti pada pemberian penghargaan saja, tetapi para pemenang lomba diberikan fasilitasi dan pembinaan, serta pendampingan menuju Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), melalui kolaborasi antar lembaga penelitian, Inkubator, Technopark dan Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah. Selain itu, para peserta Lomba Krenova juga mendapatkan beberapa fasilitasi lanjutan, antara lain: Pelatihan HKI, Hilirisasi Teknologi, Business Technology Center (BTC), Diseminasi dan Penyertaan Pameran, Layanan Inkubasi serta fasilitasi dalam program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dari Kemenristekdikti. Dalam upaya meningkatkan kreativitas di bidang inovasi masyarakat perlu didorong untuk dapat menciptakan, merekayasa alat/ produk yang dapat bermanfaat bagi masyarakat melalui lomba Krenova.


Ajang penghargaan bergengsi ini tentunya tidak dilewatkan oleh SMA N 1 Blora. Hampir setiap tahunnya, SMA N 1 Blora mengirimkan peserta didiknya baik dari kelas 10, 11, maupun 12 untuk turut berpartisipasi mewujudkan tujuan bersama dari kompetisi ini, yaitu membantu menyejahterakan masyarakat Jawa Tengah melalui alat atau produk buatan sendiri. Tak jarang pula SMA N 1 Blora berhasil menyabet penghargaan kejuaraan dengan gagasan, ide, dan alat atau produk buatan siswa SMA N 1 Blora.


Bimbingan dari bapak/ ibu guru tentunya tidak main-main. Bapak/ ibu guru pengajar beserta keluarga besar SMA N 1 Blora berperan besar di balik pengerjaan dan keberhasilan siswanya.


Tidak berhenti di tahun ini, SMA N 1 Blora akan terus mengirimkan siswa-siswi terbaiknya untuk turut berpartisipasi menyejahterakan masyarakat Jawa Tengah dengan alat dan produk buatan mereka.

Juara Favorit Krenova tingkat provinsi Jawa Tengah SMA N 1 Blora (Farriz, Faiza, Shoufiudin) dengan karya "Solar Moving Aerator". (2019)

Juara Favorit Krenova tingkat provinsi Jawa Tengah dengan karya "Pompa Hibrid solusi tandon air sawah". Foto ini diambil saat ada kunjungan pemerintah daerah ke lokasi kincir pompa hibrid. (2016)

Ajang lomba Krenova yang diselenggarakan Bappeda Kabupaten Blora selalu diikuti siswa-siswi SMA N 1 Blora untuk mengasah kreatifitas dan inovasi tiada henti.

Juara 2 Proyek Science Kompetisi lingkungan "Toyota Eco Youth ke 9" tingkat nasional. (2015)


Dengan karya : Kincir Angin Sumbu Vertikal dan solar Cell sebagai pembangkit listrik pada perangkap serangga di sawah.

bottom of page