top of page

Protokol Kesehatan

Pemerintah telah mengimbau agar masyarakat bersiap untuk new normal alias hidup “berdampingan” dengan COVID-19 sambil menjalani aktivitas seperti biasa. Namun, tetap ada batasan-batasannya. Batasan apakah yang perlu diterapkan? Simak penjelasan berikut ini.


Dengan usainya pembatasan tersebut, pemerintah menganjurkan kita untuk mulai melakukan kegiatan seperti biasa, tentunya sambil mematuhi protokol pencegahan COVID-19. Hal ini mendorong kita untuk lebih gencar dalam menerapkan langkah pencegahan dasar COVID-19.


Berikut adalah hal-hal penting yang perlu kamu ketahui untuk menghadapi new normal:


1. Saat harus keluar rumah dan kembali lagi ke rumah

Kita harus menerapkan langkah pencegahan dasar kapan pun dan di mana pun. jangan memaksakan untuk keluar rumah saat tidak fit. Bila sudah selesai, segera kembali ke rumah dan langsung Buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah, Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang kamu gunakan, Cuci tangan dengan air dan sabun, Lepaskan pakaian yang dikenakan dan segera masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup, Mandi dan berganti pakaian bersih sebelum bersantai atau berkumpul dengan keluarga.


2. Sewaktu menggunakan transportasi umum

Bila kamu harus bepergian ke suatu tempat dan menggunakan transportasi umum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain menerapkan langkah pencegahan dasar. Bawalah selalu hand sanitizer. Jangan menyentuh wajah dengan tangan. pastikan kamu membawa botol minum. Kurangi interaksi dan menjaga jarak 1 meter antar penumpang.


3. Selama belajar di sekolah

Agar tetap aman dan terhindar dari virus Corona di sekolah, kamu perlu menerapkan pshysical distancing dalam setiap kegiatan di sekolah. pastikan jarak antarkursi minimal 1 meter. usahakan untuk selalu membawa bekal dari rumah. Saat makan siang, tetap jaga jarak dengan teman-teman sekelas. Bila kamu sakit, mintalah izin untuk tidak masuk sekolah.


4. Ketika berbelanja

Ingat, selalu terapkan physical distancing, ya. Batasi menyentuh barang toko maupun di tempat umum, jangan menyentuh wajah atau barang pribadi, dan jangan lupa mencuci tangan. usahakan untuk tidak berlama-lama. Catat barang apa saja yang perlu dibeli dan langsung ke kasir ketika semua sudah didapatkan. Hal ini pun berlaku bila kamu dan keluarga makan di restoran. pilihlah tempat makan dengan ventilasi yang baik, selalu jaga jarak dengan orang lain, ya. gunakan metode pembayaran nontunai untuk mencegah kontaminasi. pastikan untuk langsung mencuci tangan.


5. Ketika berbelanja online atau memesan makanan online

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu Hindari kontak langsung dengan kurir. Bila perlu, kenakan masker saat bertransaksi. Upayakan untuk membayar secara nontunai, Sediakan tempat khusus bagi kurir menaruh barang pesananmu. Buka bungkus paket di luar rumah dan segera buang di tempat sampah atau semprot dengan disinfektan sebelum membawanya masuk. Untuk makanan, cukup buka dan buang bungkusnya, lalu pindahkan makanan ke piring. langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.


6. Ketika membutuhkan layanan kesehatan

Alih-alih berkonsultasi langsung dengan dokter di rumah sakit, lebih baik gunakan fasilitas telemedicine karena dinilai lebih aman, khususnya bagi orang-orang dengan penyakit diabetes atau penyakit jantung. Kehidupan dengan new normal bukan berarti virus Corona tidak lagi menjadi ancaman. kamu tetap harus memperkuat daya tahan tubuhmu dengan memerhatikan asupan nutrisi dan cairan, serta menerapkan pola hidup sehat, seperti beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, serta tidak merokok. Jangan memaksakan diri untuk keluar rumah bila sedang tidak sehat, apalagi jika kamu mengalami gejala COVID-19. Segera lakukan isolasi mandiri. hubungi juga hotline COVID-19 di 119 Ext. 9 untuk mendapatkan pengarahan lebih lanjut. dinas kesehatan bisa menjemput dan mengantarkanmu langsung ke rumah sakit rujukan COVID-19 terdekat untuk mendapatkan pengobatan.


Website resmi Layanan COVID-19 Kabupaten Blora: https://sites.google.com/view/blora-tanggap-corono/


bottom of page