top of page

Tentang PLS

Updated: Jul 10, 2020


PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan guna menjembatani peserta didik baru mengenali lingkungan fisik, lingkungan sosial, dan metode pembelajaran yang nantinya akan mereka hadapi. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.


Pada jenjang SMA, PLS seringkali dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, pembina, dan pemantau kegiatan selama PLS berlangsung. Peserta dari kegiatan PLS ini adalah seluruh calon peserta didik baru yang diterima setelah masa PPDB berakhir dan akan menjadi peserta didik resmi di tahun ajaran baru.


Serangkaian kegiatan PLS di antaranya adalah pengenalan lingkungan, fasilitas, dan bangunan sekolah, organisasi siswa di sekolah, esktrakurikuler, jajaran pengajar beserta karyawan sekolah, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sebelum pembelajaran kepada peserta didik baru resmi dilakukan.


Akan tetapi, kegiatan PLS tahun ini sedikit berbeda. Karena bersamaan dengan terjadinya wabah pandemi COVID-19 yang mengharuskan seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga jarak mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan. Sehingga, kegiatan PLS di tahun ini mengalami beberapa adaptasi dan modifikasi sehingga pelaksanaannya tidak membahayakan maupun melanggar protokol kesehatan di Indonesia.


PLS SMA N 1 Blora Tahun Pelajaran 2020/ 2021 membawakan tema yang berjudul, "Membangun Karakter Berintegritas di Masa Pandemi". Ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang tengah terjadi di pertengahan tahun. Kegiatan PLS sendiri diadakan secara daring/ online dari rumah masing-masing peserta dengan memerhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Seluruh kegiatan didampingi oleh para guru dan narasumber yang telah dipilih. Terkait panduan, tugas, dan materi akan disampaikan dan dipublikasikan di blog resmi PLS SMA N 1 Blora yaitu https://osasisiapplssb.wixsite.com/osasi. Diharapkan pula bimbingan dari para orang tua di rumah demi kelancaran kegiatan PLS.

bottom of page